Planet kerdil

Posted Senin, 16 Juni 2014 by Cindy Artita Nirmansyah



-Planet Ceres
Ceres ini planet ya bukan meses wkwk xD. planet ini berada di sekitar sabuk asteroid atau bisa dibilang diantara planet Mars dan Jupiter.diameternya 950 km,isinya campuran es air dan berbagai mineral terhidrasi seperti karbonat dan lempung, atmosfer di planet ini tergolong lemah :v (gk ada kata "tak berdaya" ya xD)


-Planet Pluto
Siapa sih yg gk kenal planet ini? kalo blom kenal , kenalan dulu deh :v. planet ini banyak dikenal orang karena dulunya termasuk planet kesembilan di tata surya, namun pada 2006 Pluto hanya dianggap planet kerdil saja karena orbitnya yg aneh sering melewati orbit planet Neptunus,jarak dari matahari ke pluto itu 5.900,1 Juta kilometer, diameternya 2.486 Km, suhu disana kira" -233 derajat celcius,karena sebagian besarnya berwujud es,periode rotasinya 6,39 hari.sedangkan revolusinya 248,4 tahun (lama bgt ya :v)


-Planet Haumea
ini dia planet kerdil selanjutnya, lebih jauh dari pluto :v planet ini terletak di sabuk kuiper,massanya sepertiga dari massa pluto.bentuk planet ini terlihat seperti lonjong dan tidak bulat pepat seperti planet lain pada umumnya :v.
*Sabuk Kuiper
Oh iya bagi yg blom tau apa itu Sabuk Kuiper nih gambarnya :v
di gambar bisa dilihat kalo sabuk kuiper itu sama seperti sabuk asteroid cuman kalo sabuk kuiper itu ada di setelah orbit Neptunus, sedangkan sabuk asteroid ada setelah orbit Mars.di gambar itu juga bisa diliat kalo Orbit nya sih Pluto ini sering ngelewatin orbitnya Neptunus wkwk xD.




-Planet Makemake
 diameternya gk jauh beda dari pluto, yaitu tiga per empatnya dari pluto.Planet ini gk punya satelit satu pun (sedih bgt sendirian :v) suhunya juga rendah alias dingin, lapisannya kemungkinan dari metana,etana dan es nitrogen.


-Planet Eris
kalo yg ini planet paling jauh dari matahari, walaupun cuman planet kerdil tapi kan juga punya jarak :v jaraknya dari matahari sampe 15 milliar kilometer (kebayang ya gimana besarnya , eh maksudnya kecilnya kalo liat matahari dari situ :v) planet ini lebih gede dari pluto,diameternya 3000 km dan dia juga punya satelit bernama Dysnomia.kalo diliat dari teleskop,planet ini juga lumayan terang,tapi agak sedikit redup karena jaraknya yg 3x lebih jauh dari matahari ke pluto, kalo planet Eris ini jaraknya kyk pluto mungkin bakalan lebih terang lagi :v

Posting Komentar