contoh naskah drama kesenian

Posted Senin, 16 Juni 2014 by Cindy Artita Nirmansyah



Di Sebuah sekolah ada 2 orang teman yang sedang membicarakan tari.Tapi salah satu dari mereka bingung mau masuk klub mana.
Cindy : hey......,kenapa bengong ?
dika:Iya nih aku lagi bingung aku suka nari tapi aku gak tau harus latihan bareng siapa?
Cindy : Masuk klub tari aja
dika:klub mana yang harus kupilih,klub tari tradisional atau modern ?
Cindy : Kalau aku sih,lebih milih tari modern.
dika:Kenapa ?
Cindy : Soalnya kan tari itu lebih gaul itu menurutku.
dika:Kalau begitu contohin dong ?
Cindy : Ok.
Lalu Cindy Pun memberi contoh
dika:wow..... men bagus bro.....
Cindy : iya dong cindy.....
dika:Tapi aku masih bingung pilih yang mana yah.
Lalu datang revan
Revan : tari tradisional saja dika,tari itu kan adalah tari bangsa kita.Jika kita bisa berarti kamu ikut melestarikan budaya bangsa.
Cindy : benar juga sih,tapi kita juga harus tau budaya luar.
Revan : sebelum tahu budaya luar pun kita harus tahu budaya sendiri.
Dika : sudah sudah aku jadi tambah bingung sekarang.Nanti saja aku putuskan masalah ini(sambil meninggalkan pergi mereka berdua)
Dika pun pulang dalam perjalanan ........ dia akhirnya memutuskan lebih memilih tari tradisional,tapi Cindy agak kecewa dengan keputusannya.Lalu akhirnya dika memulai latihannya bersama klub tari tradisional tersebut.Dalam latihannya ia disambut dengan baik oleh ketua klub tersebut.
Dika : assalamualaikum.
Guru tari & revan : waalaikumsalam.
Revan : wesss....bro akhirnya kamu datang ke klub tari ini.
Dika : yo benar.
Guru tari : Selamat datang dika Kamu baru masuk klub ini ya ? Apa kamu punya basic nari ?
dika:Ya....,nggak sih.Cuma suka aja.
Guru Tari : Ayo kalau begitu kita belajar bersama.
Revan : ayo jangan malu.
Dika : tapi
Revan : ikuti saja aku.
Lalu dika pun mengikuti gerakan revan dan sambil dikoreksi gurunya.Ditempat lain Cindy pun berlatih karena ingin menunjukan bahwa tari modern ini lebih baik daripada tari tradisional kepada temannya.
yafi : Hari ini Cindy lagi giat – giatnya latihan,ada apa ya ?
ajeng : Aku gak tau sih tapi kayaknya dia berlatih keras banget.
yafi : Cindy......,tumben kamu latihannya giat banget sih biasanya kamu yang nyerah duluan.
Cindy : Iyanih hari ini aku semangat banget.
yafi : Ada apa sih ?
Cindy : Gak apa apa kok.
ajeng : Yakin.......?Biasanya kamu giat latihannya karena ada cowo yang kamu suka kan ?
yafi : Pasti buat nunjukin ke temen kamu ya ?
Cindy :Eng...eng...enggak,Udah jangan ganggu aku mau latihan lagi!
Cindy pun melanjutkan latihannya.Esok harinya waktu istirahat sekolah Cindy langsung menemui .dika yang terlihat sedang berlatih tari tradisional.
Cindy : dika cie-cie yang lagi suka nari.
dika:Ah enggak jadi malu aku
Cindy : Kenapa sih kamu malah milih klub tari tradisional ?Padahalkan lebih bagus tari modern.tuh liat....(Sambil menunjukan hasil latihannya)
dika:Itu sih menurut kamu.. tapi menurutku tari tradisional yang paling bagus.
Cindy : Kata siap ?(Mendorong dada dika)
dika:Kataku barusan.
Lalu datang teman mereka sambil berbicara
revan : Sudah berhenti !Kalian ini seperti anak kecil saja.minggu depan ada pentas seni di sekolah kita,dan ada perwakilan dari tiap kelas.Kalian berdua akan jadi wakil kelas kita.
Dika & cindy :apa ?
Cindy : tapi kita kan berbeda,aku bisa tari modern dika bisa tari tradisional.
dika:Ok aku ikut
Cindy :Kamu mau ikut?
Dika : ya dong.kamu gak mau kan,brarti kelihatan kamu gak bisa nari
Cindy : aku juga sama mau ikut.
Revan : ok datang ke ruang guru sana.
Mereka datang ke ruang guru.
Cindy : bu kami mau daftar buat pentas seni minggu depan sebagai perwakilan kelas.
Guru : bisa...
Dika : memang boleh dua orang
Guru : bisa
Dika : apa pentas seni ini ada hadiahnya ?
Guru : bisa ada....
Cindy : jangan ngomong bisa terus dong bu
Guru : bisa........
Cindy & dika : ye... ibu
Guru : tapi konsepnya gimana
Cindy : aku sih maunya bikin battle antara aku dan dika.
Guru : bisa...
Cindy : tapi boleh bu bawa temen dari klub tari luar.
Guru : bisa....
Cindy : ya udah bu makasih(sambil meninggalkan ruang guru)
Dika : huh....ngomong bisa terus dari tadi kita kan jadi pusing.sialan..
Mereka pun pulang dan mereka berlatih masing masing ditempat klub nya.Seminggu berelalu dan akhirnya diadakan lomba tari sekolah.
Pembawa acara :kita kembali lagi dalam acara pentas seni smk 2 grt.pentas seni ini yang selalu diadakan 1 tahun sekali ini memang banyak yang mengapresiasi.contohnya dari 2 orang murid kita ini,yang berbakat dalam seni tari.Kita sambut cindy dan dika....!
Mereka pun battle tari.tapi  dika tidak mau kalah dan akhirnya terjadi keibutan antara cindy dan dika . Lalu orang orang memisahkan mereka.
Pembawa acara : halah halah,sudah sudah malah ribut lagi,kita ini lagi di acara pentas seni. Jangan ribut ok tunggu sebentar.maaf maaf para penonton,tadi hanya kesalahan kecil saja kok.Sekarang saya akan menampilkan guru kita ibu lina herlina S.Pd M.Pd A.Lm eh salah.Silakan masuk.
Guru itupun datang
Guru : hay...hay hayyyyyyyyyyyyy.
Pembawa acara : kalau boleh tau ibu akan menampilkan apa?
Guru : saya akan menyanyi
Lalu akhirnya guru itu bernyanyi dan mereka semua menari.dan setelah kejadian itu Cindy dan dika pun tidak lagi mempermasalahkan mana yang paling bagus antara tari tradisional dan tari modern.
Tokoh utama=Cindy
Tokoh utama2=Andhika
Teman dika=Revan
Teman cindy1=Yafi
Teman cindy2=Ajeng
Juri=Lina
Pembawa acara=Hendry
Guru=Fatma

Posting Komentar