DEFINISI OLAHRAGA

Posted Senin, 16 Juni 2014 by Cindy Artita Nirmansyah



Definisi Olahraga
Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit serta stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan tersetruktur dengan baik.
 Dalam aktivitas olahraga tentu ada aspek positif dan negatifnya. Aspek positifnya , yaitu 1) Mampu menggerakkan aktivitas sosial, ekonomi, dan politik: adanya interaksi antar manusia (individu dan kelompok), adanya kegiatan jasa, adanya penyerapan tenaga kerja. 2) Mampu mengangkat harga diri pelaku olahraga/atlet/pelatih/pembina/ organisasi/daerah dan bangsa, kesejahteraan pembina olahraga, dan martabat bangsa di dunia internasional. Sedang aspek negatifnya, antara lain seperti masih adanya kecenderungan dari banyak atlet dalam mengikuti suatu pertandingan menggunakan segala cara dalam upaya memenangkan pertandingan/perlombaan, misalnya tidak fair play, tidak disiplin, memanipulasi, melanggar ketentuan (peraturan pertandingan/perlombaan), dan pemakaian doping
 Olahraga adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti olahraga. Sedang sportif yang merupakan kata sifat yang berarti jujur dan ksatria atau gagah. Dan kata sportivitas yang sebagai kata benda mempunyai arti orang yang melakukan olahraga tersebut (harus) memiliki kejujuran dan sikap ksatria dalam bertindak dan berprilaku saat berolahraga, seperti disiplin, mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati bersama, terutama saat mengikuti suatu pertandingan atau perlombaan olahraga.

 Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sedangkan dalam Webster’s New Collegiate Dictonary (1980) yaitu ikut serta dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan, dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic games di Amerika Serikat).
 Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.

 Untuk penjelasan pengertian olahraga menurut Edward (1973) olahraga harus bergerak dari konsep bermain, games, dan sport. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain; a. Terpisah dari rutinitas, b. Bebas, c. Tidak produktif, d. Menggunakan peraturan yang tidak baku. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik; a. ada kompetisi, b. hasil ditentukan oleh keterampilan fisik, strategi, kesempatan. Sedangkan ruang lingkup sport; permainan yang dilembagakan.

 Arti olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani, dan bertujuan untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.

 Berikut ini adalah pengertian dan definisi olahraga olah para pakar olahraga:

TIM GURU EDUKA
 Olahraga adalah suatu kegiatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita

SOEKARNO
 Olahraga adalah alat untuk melaksanakan tiga tujuan revolusi Indonesia, yaiut: Negara Kesatuan RI yang kuat, masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru. Dengan kata lain, Olahraga adalah alat untuk melaksanakan ampera (amanat penderitaan rakyat)

SURYANTO RUKMONO, S. Si
 Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani

SENO GUMIRA AJIDARMA
 Olahraga adalah sarana kompetisi untuk menjadi nomer satu

JESSICA DOLLAND
 Olahraga adalah pereda stress yang sangat baik. Olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh

KATHRYN MARSDEN
 Olahraga adalah pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan

CHATLES C. MANZ
 Olahraga adalah sesuatu yang harus menjadi prioritas dan dijadwalkan tapi tetap realistis

HANS TANDRA
 Olahraga adalah gerakan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran

SHETHA DARGAZELLI
 Olahraga adalah minyak yang membuat gerakan tubuh bergerak secara fleksibel dan mudah.


Definition Sports
Sport is an activity that is essential to maintaining one's fitness. Exercise also is one of the important methods to reduce stress. Sport is also an active behavior that activates the metabolism and affect the function of glands in the body to produce immune system in an effort to defend the body from disease and stress. Therefore, it is highly recommended to everyone to participate in sports regularly and tersetruktur well.
 In sporting activities there are certainly positive and negative aspects. Positive aspect, namely 1) Able to drive the social, economic, and political: the interaction between people (individuals and groups), a service activity, the employment. 2) Ability to exercise self-esteem actors / athletes / coaches / coaches / organizations / region and nation, sports coaches welfare, and dignity of the nation in the international world. Being negative aspects, such as the persistence of the tendency of many athletes to follow a game using all means in order to win the game / race, for example, is not fair play, discipline, manipulate, violate the provisions (regulation game / race), and the use of doping
 Sport is a word in English that means exercise. Medium sportsmanship is an adjective that means honest and knights or gallant. And sportsmanship word as a noun has meant people who exercise it (should) have the honesty and chivalry to act and behave during exercise, such as discipline, follow the rules and regulations that have been established or agreed upon, especially when following a game or sporting competitions.

 Meaning of sports according to the encyclopedia Indonesia is exercise conducted by one or more persons who constitute the team or group. While in Webster's New Collegiate Dictonary (1980) that participate in physical activity for fun, and special activities such as hunting or in a sports game (athletic games in the United States).
 According Mutohir Cholik exercise is a systematic process in the form of any activity or business that can drive to develop and nurture the potential physical and spiritual person as an individual or member of the public in the form of games, competitions / matches, and the crowning achievement in the creation of a quality human being in Indonesia based on Pancasila.

 For an explanation of the sense of sports according to Edward (1973) sport should move from the concept of play, games and sport. The scope of the play has the following characteristics, among others: a. Apart from the routine, b. Free, c. Not productive, d. Using non-standard rules. The scope of the game has the following characteristics: a. no competition, b. outcome is determined by the physical skills, strategies, opportunities. While the scope of the sport; games are institutionalized.

 The meaning of sport is an activity to train the body, not only physically but also spiritually, and aim to achieve the highest possible performance.

 The following are terms and definitions if exercise expert sports:

TEACHER TEAM EDUKA
 Sport is an activity that can improve our immune system

SOEKARNO
 Sport is a tool for implementing the three objectives of the Indonesian revolution, yaiut: NKRI a strong, just and prosperous society, and a new world order. In other words, sports is a tool to implement the Ampera (the mandate of the people's suffering)

Suryanto Rukmonto, S. The
 Sport is an activity to train your body so that the body feels healthy and strong, both physically and spiritually

SENO Gumira Ajidarma
 Sport is a means of competition to be number one

JESSICA DOLLAND
 Exercise is an excellent stress reliever. Exercise can divert your mind from worries a way to relieve muscle tension

KATHRYN Marsden
 Exercise is the best stress repellent ever discovered

CHATLES C. Manz
 Exercise is something that should be a priority and scheduled but still realistic

HANS TANDRA
 Sport is a rhythmic body movements and organized to improve and increase fitness

SHETHA DARGAZELLI
 Sport is the oil that makes the movement of the body moves in a flexible and easily.

Posting Komentar